Gerhana Bulan Partial di Langit Bantul

Sore ini grub whatsapp saya mendadak rame dengan fenomena gerhana bulan sebagian yang terjadi malam sampai ini hari nanti. Setelah cek-cek di kalender astronomi dan beberapa web lapan dan bmkg ternyata benar malam nati akan ada gerhana bulan sebagian.Β 

Gerhana Bulan merupakan fenomena yang terjadi saat sebagian atau seluruhan wajah Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Fenomena ini terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai Bulan karena terhalangi oleh Bumi. Ada beberapa peristiwa gerhana Bulan, yakni gerhana Bulan total, gerhana Bulan penumbra, dan gerhana Bulan parsial. Gerhana Bulan total adalah fenomena ketika seluruh wajah Bulan terhalangi bayangan umbra Bumi. Saat fenomena ini terjadi, Bulan berubah warna menjadi semerah darah. Sementara gerhana Bulan penumbra adalah fenomena ketika sebagian atau seluruh wajah Bulan berada atau terhalang bagian bayangan penumbra Bumi, yang membuat Bulan masih dapat terlihat namun dengan warna yang agak redup. Gerhana Bulan malam ini dimulai pukul 22.48 WIB, Senin 7 Agustus 2017. Gerhana sebagian dimulai pukul 00.22 WIB. “Puncak gerhana terjadi pukul 01.20 WIB”, seperti yang di tulis web bmkg.

Malam ini mau melihat Gerhana Bulan dimana ya? sebenanya banyak pilihan untuk melihat Gerhana Bulan malam ini karena, Gerhana Bulan malam ini bisa di lihat di seluruh Indonesia dengan catatan bulan tidak di selimuti awan atau mendung atau yang menutupi lainnya. etapi malam ini saya memilih melihat Gerhana Bulan di depan rumah sajakarena sudah malas untuk jalan keluar sekalian nanti tes nikon coolpix jadul untuk memotret Gerhana Bulan.

Jam sudah menunjukan pukul 11 malam, saya dan peralatan sudah siap di depan rumah, seperti, kamera, tripod, laptop, minuman hangat, camilan, dan si pus yang menemani pengamatan Gerhana Bulan malam ini. Mungkn tuhan belum merestui karena bulan masih tertutup awan, tetapi untungnya tidak begitu lama bulan tertutup oleh awan. Mari tes-tes.

loh kok putih semua? πŸ˜€

apa saja yang perlu di persiapkan untu melihat gerhana bulan:

  1. doa, agar supaya langit malam cerah tidak berawan apalagi hujan
  2. mata yang sehat (karena gerhana bulan bisa di nikmatu dengan mata telanjang)
  3. pakaian hangat
  4. camilan dan minuman hangat
  5. teman atau seenggaknya musik
  6. teropong bintang, binokuler (kalau ada)
  7. kamera poket ataupun dslr yang berlensa tele

Jika sudah siap maka, mari kita mengamati dan melihat gerhana bulan terakhir di tahun ini, sebenarnya masih ada di akhir agustus tetapi sayangnya tidak bisa di amati di Indonesia.

Setelah Gerhana Bulan selesai bulan kembali tertutup oleh awan lagi, mungkin sudah satnya pindah ke kamar untuk beristirahat :D. Overall, kamera coolpix yang saya pakai tidak terlalu buruk untuk mengambil gerhana bulan malam ini, sayangnya kurang detai seperti dslr ataupun slr, untuk masalah nois ya lumayan lah :D. selamat bertemu lagi gernana bulan, selamat tidur πŸ˜€

Enjoy Your Trip…

Advertisements

2 thoughts on “Gerhana Bulan Partial di Langit Bantul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s