Starparty di Candi Ijo

_ag71147Beberapa bulan yang lalu saya mendapat ajakan dari Mas Agus utuk ikut acara starparty di  Candi Ijo yang diadalan oleh Jogja Astro Club. Saya langsung mengiyakan saja dan  berharap bisa memotret candi lalu di atasnya ada milkyway yang membentang, keren sepertinya.

img_1228Setelah melihat dan mendaftar ternyata saya masih bisa mengikuti acara tersebut. Senangnya, hari pengamatan datang juga akhirnya. Pagi ini saya awali dengan berdoa agar nanti malam sekitar Candi Ijo cerah dan tidak mendung supaya acara starparty bisa lancar. Sore akhirnya tiba juga, batrai sudah siap, kamra sudah siap, memori card juga sudah siap, tripot juga siap, motor juga siap, berangkatlah saya menuju Candi Ijo. Saya sengaja berangkat lebih awal karena ingin memotret sunset di Candi ijo, karena katanya, sunset di Candi Ijo, sangat indah dan romantis ketika cuaca tidak mendung. Semoga cuaca nanti cerah. Amien..

_ag71123Saat saya sampai di Candi Ijo, golden hours sudah muncul, setelah memarkirkan motor dan mengisi administrasi saya masuk kompleks Candi Ijo, ternyata memang benar, sangat indah dan romantis. Mulailah saya memotret, tidak berselang lama lampu-lampu kota mulai terlihat menyala, menambah romantis saja. Pak Satpam mulai masuk untuk memberitahu kalau jam kunjung sudah habis dan pengunjung harus segera menunggalkan area Candi Ijo. Tidak begitu lama setelah saya keluar Mas Agus datang. Selang beberapa puluh menit peserta yang lain mulai berdatangan. Setelah lumayan banyak peserta yang datang, panitia meminta kami masuk, untuk membedakan yang mana peserta dan mana yang bukan peserta. Kami diminta mengisi daftar hadir, setelah mengisi daftar hadir, waktu menuju acara masih lumayan lama, lumayanlah untuk mencuri-curi waktu memotret candi di malam hari 😀 .

_ag71115Setelah semua perserta datang, kami dikumpulkan untuk mengikuti acara seremonial. Mula-mula pembukaan, sambutan-sambutan, kemudian simbolisasi pembukaan acara dengan peluncuran roket air… wusssss… basah,,, hahahah. Setelah itu kemudian materi di mulai, Materi 1 adalah Pengenalan benda-benda langit, teleskop dan aplikasi astronomi android dan ios kemudian lanjut materi ke 2 yaitu Teleskop dan materi terakhir adalah Astrophoto kamera ponsel, pocket dan DSLR. baru tahu juga saya kalau kamera ponsel bisa memotret milkyway, tetepi belum semua kamera bisa untuk memotret milkyway. acara selanjutnya adalah pengamatan benda-benda langit dan sharing santai.

_ag71214Malam semakin larut dan udara semakin dingin, saya masuk ke pos satpam untuk menghangatkan badan karena di luar duingin euy, dan ternyata pos satpam adalah sekre panitia, maaf mas dan mbak saya numpang menghangatkan badan. Tidak lama berselang sertifikat, pin dan stiker kalau tidak salah, mulai dibagi, dengan di bagikannya setrtifikat dan lain-lain itu maka berakhirlah acara starparty di candi ijo. Terimakasih Mas Agus untuk ajakan starparty, dan terimakasih Jogja Astro Clubm acaranya kerennn. Akhirnya saya bisa memotret milkyway dengan forground candi :D.

enjoy your trip

Leave a Reply

