Sampai juga di Goa Sentono

img_8826Berhubung kemarin saat bersepeda ke Candi Abang, saya melihat petunjuk arah yang mengarah ke arah Goa Sentono, tetapi kemarin waktu tidak memungkinkan, jadi tidak berhenti. Kebetulan siang menjelang sore ini saya sedang kosong dan bingung mau ngapain dan kemana, mungkin lebih baik jika eksplor Goa Sentono saja. Setelah bersiap, berangkatlah saya.

img_8825Siang menjelang sore ini saya berangkat sendiri, karena dadakan juga, hehehehe. Jalan yang saya lalui hampir sama dengan rute jalan saat sepeda menuju candi abang, bedanya adalah sekarang sudah banyak kendaraan yang berseliweran karena sudah sore. Tidak begitu lama dijalan, saya sampai juga ditujuan. Motor yang saya naiki agar “sedikit” kotor karena jalan masuknya becek, mungkin gara-gara semalam hujan. hehehe

img_8803Sampai di Goa Sentono suasana sejuk terasa mugkin karen dekat dengan sawah dan karena banyak pohon juga. Lumayan heran saya ketika sampai di sana karena tidak ada pintu masuk menuju goa, yang ada hanya ceruk (asumsi awal saya goa ini adalah goa vertikal atau horizontal), di Goa Sentono ada 3 ceruk, ceruk pertama berisikan lingga yoni dan pada dindingnya terpahat dewa dewa Hindu antara lain durga serta agastya. Pada bagian ceruk yang kedua yang berada ditengah berisikan juga lingga yoni dengan 3 arca yang yang merupakan pahatan atau relief Trimurti. Sedangkan pada ceruk yang ketiga berupa lubang pembakaran sebagai persembahan /peribadatan seperti halnya yang mirip ditemukan di Candi Ijo dan pada dinding berupa releif meru atau gunung.

img_8817“mungkin dahulu” Goa Sentono digunakan sebagai kuil atau tempat pemujaan, karena adanya Lingga yoni yang merupaka lambang kesuburan, relief dewa agastya sebagai perwujudan Dewa Siwa dalam bentuk Maha Guru dan Dewi durga sebagai lambang dewi kebaikan sekaligus sebagai isteri Dewa Siwa.

Perjalanan sore ini saya cukupkan hanya mengeksplore Goa Sentono saja dan besok mungkin ke candi-candi sekitar Prambanan dan semga tidak malas belajar menulis lagi.
Enjoy your trip

Leave a Reply

