Perjalanan Mengabadikan Keindahan Gunung Lawu (2)

_ag72390Selepas memotret milkyway dipuncak saya dan Mas Bek kembali ke tenda karena angin dipuncak lumayan kencang. Kami tidur kembali, saya berdoa semoga besok diberi cuaca yang cerah, tentu saja ditambah doa agar bisa bangun lebih pagi πŸ˜€ . Selamat tidur dan selamat pagi….Pagi ini saya bangun lebih lambat daripada hari-hari biasanya, mungkin karena hari-hari biasa bangun untuk sahur atau karena alarm yang sudah beberapa kali berbunyi. Dengan nyawa yang belum terkumpul semua, saya mencari tripod dan kamera kemudian menuju puncak lagi bersama dengan Mas Bek. Hebat amat yak puncak-puncak melulu dari kemaren, ini sudah yang ke 3 atau ke 4 jalan ke puncak :D. Jarak antara tenda kami dengan puncak kurang lebih 10 menit berjalan kaki, ya kalau baru bangun 15 menit lah berjalan kaki.

_ag72474-editSampai puncak langit masih gelap, semburat orange atau ke merah-merahan juga belum terlihat. Walaupun demikian ritual memoret tetap dimulai lagi. Di puncak kami bertemu dengan rombongan (lupa dari mana), mereka juga mengejar sunrise. Semburat-semburat orange mulai muncul ditimur, tidak lama kemudian di susul oleh mentari yang mulai menampakan diri dengan malu-malu, selain keindahan yang dibawa, dia juga membawa kehangatan dan harapan baru. Jadi ingat lirik lagu jikustik “mungkin puncak yang kesekian yang ku daki dan bisa kutaklukkan, tapi hanya satu hati yang bisa menuntunku dan takklulanku”. Saya berharap bisa melihat ke indahan ini dengan kamu, mumgkin nanti ada saatnya. Suara rombongan yang tadi malam minta foto juga mulai terdengar. Mas Bek, lebih dulu kembali ke tenda entah kedinginan atau alasan yang lain, sedangkan saya masih di puncak menunggu timelapse yang belum selesai. Baru tahu juga kalau salah satu dari rombongan yang saya temui pagi tadi pup sembarangan dan hanya di tutup tisu basah saja, bagusnya pup itu diinjak oleh rekannya sendiri, SOKOR!!!! Boleh pup di gunung tetapi ingat juga aturannya. Setelah timelapse selesai saya kembali ke tenda, dingin dan lapar euy.

Agenda pagi ini adalah, berjemur, packing, memasak, dan Pulang ke rumah. Beberapa barang dikeluarkan agar terkena sinar matahari, batrai juga di isi dengan “aki” yang di bawa oleh Mas Bek. Mas Marsono mencoba filter air yang di bawa Mas Bek, rugi katanya kalau sudah di bawa tidak di pakai”. Kami pun minum kopi dan membuat sarapan dari filtrasi kubangan air hujan. Packing dimulai, kami bergantian packing, sambil menunggu giliran, saya mencoba kasur tiup yang di bawa Mas Bek, ternyata sangat nyaman dan rekomen membawa kasur seperti ini saat mendaki. Setelah semuanya selesai packing, kami mulai memasak mie instan ditambah dengan sosis untuk sarapan. Nyammmmm…..

img_2561Perjalanan turun dimulai….
Ada yang berbeda di tas Mas Masono saat perjalanan turun. Iya tas carier itu sekarang ditambah dengan trasbag. Untuk apa trashbag itu? Selain untuk membawa sampah sendiri turun trashbag itu juga untuk membawa sampah-sampah “pendaki-pendaki” yang tidak bertanggung jawab turun.

Sebelum memulai perjalanan turun tidak lupa kami berdoa dan berterimakasih kepada Tuhan untuk pemandangan indah yang ditunjukan kepada kami. Kami memilih rute turun sesuai arahan dari Pak Panjul kemarin. Berhunung saya buruk masalah navigasi saya berada dibelakang saja dan Mas Bek berada belakang saya. Perjalanan turun cukup menyenangkan, selain turunan ada juga batu kecil-kecil terkadang besar yang berada di track, mungkin habis longsor. Trashbag mulai berisi dengan sampah plastik maupun botol beling.

img_2590Ternyata perjalanan dari puncak menuju Surya Kencana cukup puanjanggggg dan lama. Untung kemarin tidak jadi mendirikan tenda di sana, saya tidak bisa membayangkan kalau jadi kamp di Surya Kencana. Tetapi perjalanan menunu Surya Kencana banyak datar terkadang turun dan sedikit naik, tetapi ya capek dan panas. Dengan tenaga yang tersisa saya melangkahkan kaki, saat jalan datar lumayan bisa sedikit lebih cepat dan saat jalan naik ya begitulah, ngesot mode :D. Akhirnya sampai juga di Surya Kencana. Ternyata setelah sampai, Surya Kencana lahan untuk mendirikan tenda disini sangat luas mungkin bisa di pakai untuk main bola atau voli, selain luas viewnya juga lebar, tak terhalang pohon juga, pantas saja kemarin berencna bermalam disini. Sambil menunggu Mas Bek sampai kami beristirahat di bawah pohon, asoyyy… Mas Marsono juga klitih sampah di sekitar sini, Mas Marsono juga bercerita banyak memorial disini. Tak lama berselang Mas Bek datang dan menaruh tasnya setelah beristirahat dia melakukan ritualnya membuat foto panorama 360. Setelah istirahat selesai dan ritual 360 selesai perjalanan pun dilanjutkan kembali. Terimakasih tuhan, perjalanan turun kami di temani oleh kabut, seenggaknya tidak begitu panas perjalanan kami. Perjalanan menuju pos 3 ada beberapa track yang lumayan curam dan mengharuskan kami untuk lebih berhati hati lagi. Semangat semangat semangat semangat.

img_2598Saat perjalanan menuju pos 3 kami menemukan sumber air disamping jalur pendakian. setelah di coba rasanya segar dan ada manis-manisnya (sambil membayangkan kamu tersenyum :3). Saat kami sampai di pos 3 ada rombongan yang menyapa kami, tapi dengan sapaan yang lumayan aneh menurut saya, “mas masih punya mie instan?”. setelah mengobrol panjang lebar, ternyata mereka naik kemarin dari Cemoro Kandang, mereka juga hanya membawa perlengkapan yang sangat minim, semalam mereka juga kena hujan, dan pagi ini mereka kehabisan logistik. nekat sekali rombongan ini, batin saya. sebenarnya dari pos Cemoro Kandang sudah tidak mengizinkan mereka naik tetapi ya tidak tahu kenapa mereka bisa sampai disini. kami mengajak mereka turun dan katanya merereka menyusul, ya sudah, kami jalan duluan sampai jumpa di bawah ya mas mas.

img_2677Turun-turun-turun, semangat semangat semangat. perjalanan menuju pos 2 lumayan lebih menyenangkan dan sekaligus melelahkan. Banyak jalan pintas untuk menuju bawah, mungkin gara-gara itu juga jalannya menjadi rusak. Banyak juga pohon-pohon yang tumbang yang terkadang membuat kami harus mencari jalan lain atau harus merunduk. Tetapi kata Mas Marsno “jika kita memilih jalur jalan pintas, kita juga membuat jalur utama menjadi rusak”. Banyak bunga-bunga liat yang masih rimbun dan, buat foto-foto juga seru, tapi jangan sampai anak alay sampai sini, nanti di injak-ijnak atau malah anak alay itu, emmmm…. akhirnya kami sampai di pos 2. Segar sepertinya kalau membuka nata de coco lagi, segerrr…. disisi lain Mas Marsono mencari signal untuk menghubungi bapak-bapak yang menjemput kami, tapi sepertinya masih belum ada signal di sini dan disisi lain Mas Bek sedang membuat foto panorama 360. Mari kita lanjutkan perjalanan kembali.img_2704

img_2719Tidak tersa trashbag Mas Marsono sudah semakin bertambah, dan terkadang membuat keseimbangannya goyah,, hahahhaha. Jalan menuju pos 2 menjadi cukup menyenangkan dan terkadang di tengahnya ada cekungan yang lumayan dalam, trashbag juga ikut bergegoyang mengikuti langkahh. Singkat kata kami sampai pos 1 setelah melewati jalan yang menyenangkan itu. Setelah sejenak beristirahat dan mengabadi kan pos 1 kami melanjutkan perjalanan kembali. Semangat semangat semangat…. Jalan menuju basecamp lebih enak daripada jalan yang kita tempuh tadi karena jalan lebih lebar, tidak bercekung dan hal enak yang lain. Semangat, semangat, semangat sebentar lagi pecel, sebentar lagi es teh, sebentar lagi bertemu dengan kamu,,, Akhirnya sampai juga kami di basecamp dan terakhir adalah serah terima sampah dengan mas-mas yang ada di basecamp. Setelah itu adalah kami beranjak ke warung untuk beristirahat dan menunggu jemputan ke Solo kemudian saya lanjut ke Jogja dan bertemu lagi dengan kamu.

img_2739Terimakasih Tuhan untuk semua keindahan pemandangan yang telah Kau tunjukan kepada kami dan terimakasih juga untuk Mas Bek dan Mas Marsono juga yang telah menjadi teman perjalanan yang menyenangkan, maap saya banyak salahnya, hehehe. sampai jumpa di lain pendakian.