Gunung Andong, Gunung Indah Tetapi Tidak Terlalu Tinggi

_ag71710Bagi beberap pendaki ketinggian sebuah gunung masih menjadi pilihan gunung itu akan di daki ataupun tidak, mungkin  karena gengsi ataupun alasan yang lain, tetapi mungkin mereka akan setuju bahwa Gunung Andong merupakan salah satu tujuan pendakian yang menyenangkan sekaligus menyegarkan karena pemandangannya indah (kalau cuaca sedang mendukung). Gunung Andong jugalah yang menjadi tujuan pendakian kami kali ini (kami?).

dscn8384Titik kumpul sore ini adalah Gor Uny, sebenarnya saya belum kenal dengan teman-teman yang akan mendaki kali ini, kecuali Andre dan Reni yang mengajak saya untuk ikut dalam pendakian ini. Setelah ditunggu beberapa puluh menit akhirnya semua telah berkumpul, selepas mahrib kami memulai perjalanan menuju basecame Gunung Andong. Sebenarnya ada beberapa basecamp untuk mendaki Gunung Andong, tetapi karena karena saya masih pemula saya “ngikut” saja (kalau tidak salah kami memilih jalur pendem).

_ag74007Sesampainya di basecamp kami beristiahat sebentar dan mulai packing terakhir sebelum pendakian. Perjalanan menuju puncak Gunung Andong pundi mulai, sebenarnya saya kurang suka perjalanan malam karena jalan yang susah di lihat (efek mata rada rabun kalau malam) dan tidak bisa melihat pemandangan yang dilewati karena gelap tetapi keuntungnya jalan malam adalah tidak panas, serasa lebih cepat sampai (mungkin gara-gara tanjakan yang tidak terlalu terlihat). Setelah beberapa ratus langkah, beberapa kali break, dan beberapa pos sudah terlewati dengan “ngos-ngosan” kami akhirnya sampai di puncak Gunung Andong, terimakasih Tuhan…

Dipuncak angin bertiup sepoy-sepoy menemani kami mendirikan tenda malam ini, setelah tenda jadi aktifitas kami mulai berbera-beda ada yang langsung masuk tenda dan tidur, ada yang memasak, ada yang entah kemana, tetapi yang saya lakukan adalah menyantap nasi ayam yang saya bawa dari bawah tadi sambil menikmati malam dengan ribuan bintang sambil membuat timelaps.

_ag73850-hdrAkhirnya pagi kembali menyapa kami dengan sinar warna orange keemasn yang lembut, kemudian hangatnya mulai datang menghangatkan badan kami yang sedari malam kedinginan “terimakasih Tuhan”. Terimaksaih lagi Tuhan pagi-pagi dapat menghirup udara yang segar serta menghirup kopi hitam hangat di atas gunung yang tidak terlalu tinggi (tetep ngos-ngosan), tetapi disekelilingnya kita bisa melihat banyak gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Sindoro-Sumbing, dan Gunung Prau.

dscn8343Perut mulai berbunyi dan mungkin sudah saatnya untuk di isi kembali dengan makanan yang enak dan sehat, mungkin sudah tidak jamannnya lagi naik gunung makannya hanya mie instan saja :D. Beruntungnya pendakian saya kali ini karena ada beberapa beberapa wanita yang kuliah di jurusan boga, pasti masakan mereka rasanya enak walaupun yang sebenarnya membuat masakan enak di gunung adalah rasa lapar kita. Setelah ikut membantu memasak (lebih tepatnya mengganggu) akhirnya menu pagi ini adalah pancake (yang ini lebih jadi dibandingkan pancake saat perjalanan ke sindoro 😀 ), sop, nasi, sosis, tempe, telur, spageti, dll. Makan banyak kita pagi ini.

dscn8349Sebenarnya kami masih ingin lebih lama menikmati kopi, suasana dan pemandangan diatas sini tetapi waktulah yang mengharuskan kami untuk meninggalkannya karena ada rutinitas yang harus kami jalani lagi. Overall Gunung Andong adalah gunung yang sangat rekomen (bagi pemula seperti saya) selain tidak terlalu tinggi, pemandangan yang di tawarkan di puncak maupun perjalanan sangat menyenangkan dan menyegarkan mata. Sebelum turun dan berpisah kami sempatkan berfoto di puncak untuk mengingat teman seperjalanan dan menceritakan perjalanan ini kepada yang lain. Terimakasih untuk cerita, pengalaman dan persahabatannya Eka, Reni, Andre, Febri, dan beberapa teman lain (maaf aku lupa nama kalian 😦 ).

_ag73979
JANGAN LUPA BAWA SAMPAH KALIAN TURUN!!!!

enjoy your trip

travel note:
– Walaupun Gunung Andong tidak terlalu tinggi jangan pernah menganggap remeh, karena resikonya, ngos-ngosannya sama dengan gunung yang tinggi.
– Jangan buang sampah sembarangan apa lagi buang hajat sembarangan karena gunung bukan tempat sampah.
– Bagilah barang bawaan yang adil (walaupun akan selalu akan ada akal bulus saat packing)