Melihat Tradisi Rebo Pungkasan

_ag76259Banyak sekali acara adat di Jogja saat bulan Sapar setelah kemarin ada acara adat Saparan Bekakak sekarang di Desa Wonokromo ada upacara adat yang dikenal dengan nama upacara Rebo Pungkasan atau Rebo Wekasan. Upacara Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan di Desa Wonokromo ini diadakan setahun sekali pada hari Selasa malam (malam rabu) diminggu terakhir bulan Sapar. Disebut upacara Rebo Pungkasan karena upacara ini diadakan pada hari Rabu terakhir pada bulan Sapar.

Pagi ini warga Karanganom mulai berdatangan di rumah Muh Sofan untuk membuat lemper raksaksa, hari ini mereka akan sibuk membuat lemper raksaksa dan gunungan yang akan di gunakan untuk acara Rebo Pungkasan. Ibu-ibuk di dapur sibuk menanak beras ketan yang merupakan bahan utama ย lemper raksaksa selain itu meraka juga sibuk membuat lemper kecil-kecil , sementara bapak-bapak sibuk untuk mempersiapkan lemper raksaksa dan gunungan (ditempat berbeda). Setelah beras ketan dan abon sudah siap ,beras ketan kemudian abon mulai di masukkan ke dalam wadah (replika yang berbentuk lemper) dan di bungkus dengan daun pisang. Setetelah semua selesai lemper raksaksa, gunungan, sesajen dan jodang yang berisi lemper-lemper yang berukuran kecil di bawa menuju Masjid Al-Huda._ag70542

dsc_7314

_ag70585
icip-icip dulu ๐Ÿ˜€

Saat malam datang warga Karanganom mulai bersiap-siap kembali untuk persiapan kirab lemper raksaksa dan gunungan. kirab lemper raksaksa dan gunungan ini akan di mulai dari Masjid Al-Huda menuju Balai Desa Wonokromo. Mulai dari laki laki, perempuan, tua maupun muda bersiap di pos masing-masing untuk bersiap-siap (tetapi yang paling asyik itu ditempat srikandi, cantik cantik euy ๐Ÿ˜€ ) setelah semua selesai bersiap bergodo-bergodo berbaris dan berjalan menuju Masjid Al-Huda. Hujan mengiringi perjalanan mereka menuju masjid Al-Huda, setelah meraka sampai di Masjid Al-Huda lemper raksaksa, gunungan dan jodang mulai di arak menuju Balai Desa Wonokromo. Dalam kirab ini diawali dengan pamong, lalu barisan prajurit, kemudian abdi dalem yang membawa sesajen dan pedang selanjutnya lemper raksasa, gunungan, jodang, kemudian kelompok kesenian dan sebagainya.

_ag70638

Banyak sekali pengunjung yang berdiri disepanjang jalan menonton kirab lemper raksaksa. Setelah berjalan kurang lebih 2km arak-arakan lemper raksaksa sampai di Balai Desa Wonokromo. Sesampainya lemper raksaksa dan gunungan acara dimulai dengan pembukaan, sambutan, kemudian tari-tarian, doa dan lalu pemotongan lemper raksaksa. Akhirnya saat yang di tunggu-tunggu pengunjung tiba, lemper raksaksa, lemper kecil-kecil serta gunungan dibagikan kepada pengungjung. Setelah acara pembagian lemper tersebut maka selesailah acara Rebo Pungkasan.

_ag76311

_ag76332

_ag76327

_ag76364

Cerita ย tentang Upacara Rebo Pungkasan memang ada beberapa versi namun inti dan upacara tersebut yaitu sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, serta untuk mengenang dan menghormati Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit yang mempunyai kelebihan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dapat memberikan berkah seperti membuat tolak bala.

Travel note

  • Jika ingin menonton acara Rabo Pungkasan usahakan membawa payung atau jas hujan karena โ€œbiasanyaโ€ akan hujan
  • Bagi yang tidak kebagihan lemper saat โ€œrayahanโ€ jangan khawatir ksrena sepangjang jalan dari Masjid Al-Huda sampai Balai Desa Wonokromo banyak masyarakat yang menjual lemper.
  • Seminggu sebelum malam puncak Rebo Pungkasan akan ada pasar malam di Lapangan Jejeran (depan Balai Desa Wonokromo)
Advertisements

One thought on “Melihat Tradisi Rebo Pungkasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s