Hujan Meteor Orionids “star party di Gunung Api Purba Nglanggeran”

_ag75221Baru sadar saya kalau malam ini adalah puncak hujan meteor orionids setelah tidak sengaja buka facebook, kemudian pemberitahua, kemudian saya cek di metoer shower calendar dan ternyata mamamng benar malam ini merupakan puncak hujan metor orionids “ sebenarnya hujan metor orionids berlangsung dari 2 oktober 2016 sampai 7 november 2016 dan puncaknya adalah 21 oktober 2016 yaitu malam ini.Jadi malam inin kita akan star party ”dadakan” kemana? Sempat terbesit ke inginan pergi ke puncak gunung tetapi itu tidak mungkin karena waktu, peralatan, dan tenaga juga tidak memungkinkan, karena melihat hal-hal tersebut akhirnya saya memilih star party di pantai Gunungkidul karena tidak terlalu jauh, tidak harus jalan yang jauh, dekat dengan colokan, dan yang terpenting dekat dengan warung “seperti semboyan kemping ceria ala mas bek :)”.

Sore ini saya habiskan untuk mempersiapkan peralatan yang akan digunakan nanti malam seperti tenda ”entah hanya digunakan sebagai properti saja atau untuk tidur”, batrai kamera, senter, makanan, matras dan yang terpenting adalah riset tentang hujan metor orionids itu sendiri. Hujan metor orionids berasal dari rasi bintang orion sama seperti dengan namanya, dan rasi bintang orion ini akan terbit jam 10 malam “setelah dilihat dari software Stellarium”

s__52477954Jam ditangan sudan menunjukan pukul 11 malam dan kami sudah bersiap-siap untuk menuju lokasi star party, akhirnya lokasi star party kali ini adalah di Gunung Api Purba Nglanggeran entah kenapa bisa berubah dari pantai menjadi Gunung Api Purba Nglanggeran. Kami pun berangkat dengan sepeda motor, di Jalan Wonosari kami berhenti sebentar membeli martabak manis, untuk teman bergadang nanti. Hampir sampai di Gunung Api Purba Nglanggeran kami disapa oleh rembulan yang mulai terlihat menampakkan diri walaupun  tidak sempurna. Sesampainya di Gunung Api Purba Nglanggeran kami langsung melanjutkan tracking menuju puncak Gunung Api Purba Nglanggeran “karena menurut petugas penjaga untuk melihat view arah timut dan utara yang luas dan tanpa penghalang adalah dipuncak”  tetapi sebelum tracking kami meembayar 42.000 untuk tiket masuk dan parkir sepeda motor. Tracking pun dimulai tiba-tiba kami sudah sampai di pos 1 dan kami melanjutkan perjalanan lagi, jalan yang sebelumnya tanah kini sudah berubah menjadi batu-batu yang ditata dengan rapi “cukup menyenangkan sih perubahan jalannya” setelah 15 menit kami berjalan lagi dari pos 1 ternyata kami sudah sampai di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran “cepet juga ya perjalanan kali ini” “ piker saya dalam hati””.

s__52461571

_ag75230

starstax__ag75240-_ag75371_lighten-edit-4Sesampainya dipuncak ternyata sudah ada tenda yang berdiri “asik berarti tidak hanya kita aja yang bermalam disini pikir saya dalam hati”. setelah istirahat sejenak kami kemudian mendirikan tenda, memasang kamera dan mulai bersantai mengamati langit dan menghitung beberapa meteor yang terlihat. Star party kali ini mungkin agak terganggu dengan bulan yang cukup besar dan si orion juga cukup dekat dengan bulan, dinikmati sajalah toh malam ini juga terlihat indah “mungkin karena kamu tersenyum di layar 4″ku :D” . Sementara kamera memotret, mulut kami sibuk mengunyah martabak manis yang kami bawa tadi bersama dengan rombongan dari klaten. Tidak terasa pagi akhirnya datang juga dan menutup star party kali ini, cukup menyenangkan star party malam ini bisa melihat banyak bintang dan meteor, total mala mini kami melihat 20 meteor. Selamat pagi dan selamat beristirahat_ag75472-pano-2

Enjoy your trip,,,

 

Travel note:

  • hujan meteor oriondis bisa dilihat dengan mata telanjang
  • hujan meteor oriondis ada setiap tahun
  • kalau mau melihat hujan meteor carilah tempat yang minim polusi cahaya seperti melihat milkyway
  • jangan lupa aja teman, keluarga atau pacar “mantan juga boleh :D”, karena kalau sendiri juga menyeramkan
  • jangan lupa bawa makanan, minuman atau pun cemilan sebagai teman bergadang 😀
Advertisements

5 thoughts on “Hujan Meteor Orionids “star party di Gunung Api Purba Nglanggeran”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s