Serunya Jalan-Jalan ke Mangrove Baros

_AG78749 (Copy)Ekosistem mangrove banyak ditemui di daerah Sumatra Dan Kalimantan,  di Jawa juga terdapat beberapa ekosistem mangrove namun kebanyakan ekosistem mangrove di Jawa adalah mangrove buatan. Berhubung salah satu ekosistem mangrove ada di Jogja, jadi mari kita kesana…

_AG79090 (Copy)Langsung saja saya menuju ke Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ketika saya sampai disana agak kaget serta tidak sabar untuk mengeksplor dan saya jamin kalian tidak akan menyesal jika berkunjung kesini. Disana kalian akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami. Rasakan sensasinya ketika kalian menyusuri kawasan mangrove, bertemu dengan hewan-hewan liar, berkubang di air, serta kaki terjerembab dilumpur yang susah ditarik keluar “itu bagi aku sungguh menyenangkan di bandingkan dengan jalan-jalan di mall belanja atau apalah itu”, di “pupi” burung :D.

 

_AG78806 (Copy)
blekok sawah dan kowak malam kelabu

Selain pemandangan alamnya yg indah disini kita bisa melihat banyak jenis satwa misalnya blekok sawah, kowak malam kelabu, raja udang biru, ikan anal-anal, berbagai jenis mollusca dan tak lupa si kepiting warna-warni, dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang memiliki hobi birdwatching atau wildlife photography lokasi ini cocok sekali, di jamin deh kalian akan betah berlama-lama disini.

_AG78945 (Copy)
Uca sp. (kepiting warna-warni)
_AG79081 (Copy)
Periopthalmus sp. (ikan gelodok atau anal-anal)

Sekedar informasi dari petugas yang ada disana penanaman vegetasi mangrove ini dimulai sejak tahun 2003 oleh Kelompok Pemuda-pemudi Baros dan didukung oleh LSM RELUNG Yogyakarta dengan harapan Kawasan Mangrove Baros dapat menciptakan konservasi alamiah untuk daerah sekitar muara Sungai Opak tersebut dari abrasi yang sering mengancam lahan pertanian masyarakat setempat (KP2B, 2011: 3).

Enjoy Your Trip

 

Travel note

  • GPS 8°00’16.8″S 110°16’28.8″E
  • Tidak ada salahnya membawa topi
Advertisements

2 thoughts on “Serunya Jalan-Jalan ke Mangrove Baros

  1. wah, foto nya bagus2 di blog ini… Di Jogja ada Mangrove juga ya ternyata.. mungkin kalau lain kali ke Jogja bisa mampir, tiket masuk kawasan ini berapa ya? ada petunjuk lebih detailnya kah buat how to get there?

    Like

    1. terimakasih Diah 🙂
      sementara ada 2 Mangrove di jogja tapi yang satu belum sempet nulis 😀
      tiket masuk saat aku kesana kemaren masih sukarela dari pengunjung, kalau mau kesana searah dengan Pantai parangtritis dan berhubung navigasi saya buruk mending ikiti gps ini aja 8°00’16.8″S 110°16’28.8″E .
      btw, salam kenal ya 🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s