long bumbung, permainan khas ramadan yang mulai mengilang

IMG_1702 (Copy)Bagi yang masa kecilnya masih berada di tahun 90an kebelakang, pasti mengenal permainan Long Bumbung. Permainan khas bulan ramadhan yang merupakan permainan tradisional asli Indonesia yang kini sangat jarang ditemukan. Bahkan bisa jadi anak-anak jaman sekarang tak mengenal permainan ini. Dibeberapa daerah, permainan ini juga dikenal dengan nama bedil bambu, badila batuang bunggo, mercon bumbung, dll.

IMG_1725 (Copy)Cara pembuatannya juga tidak susah dan biaya yang di keluarkan untuk membuatnya tidak banyak. Hanya membutuhkan batangΒ Bambu yang panjangnya sekitar 1,5 sampai 2 meter tersebut disetiap ruas/ros dilubangi dengan menyisakan ruas terakhir di pangkal. Dipangkal bambu tersebut dilubangi sebesar kira-kira se jempol untuk memasukkan pemicu (api) yang biasanya pakai ranting pohon. Bahan bakar long Bumbung berupa bensin/minyak tanah atau karbit (Biasanya anak-anak menggunakan karbit sebagai bahan peledaknya untuk menghasilkan suara ledak yang cukup memekakan telinga). Dengan ranting pohon yang telah disulut api, masuk kan ke lubang tadi, jikalau bambu belum panas niscahya belum akan bunyi.

IMG_1731 (Copy)Long bumbung di bunyikan untuk memeriahkan bulan puasa dan biasanya untuk menyambut idul fitri. Selain dibunyikaan setelah sholat tarawih, tidak jarang jung long bumbung ini diledakkan setelah sholat subuh atau sore hari menjelang berbuka puasa.

IMG_1714 (Copy)Long bumbung merupakan permainan tradisional asli Indonesia, semoga keberadaannya akan terus lestari dan semoga permainan tradisional ini tidak akan tergusur oleh permainan moderen seperti gadget dll. Serius permainan iniΒ lebih mengasyikan daripada gadget kalian.

Enjoy Your Tirip

Nb:

Bisanya permainan ini di temukan di pedesaan

Jika mau memainkan permainan ini siapkan penutup telinga

 

Advertisements

3 thoughts on “long bumbung, permainan khas ramadan yang mulai mengilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s