Apakah Menara di Pantai Baron itu bagian dari Minas Tirith?

_AG78167 (Copy)Saat berfoto di semenanjung Parangracuk, kami tidak sengaja melihat menara putih yang menjulang tinggi ditepi jurang, sekilas itu mengingatkan kami pada Minas Tirith. Karena penasaran, kami pun berencana mendatangi menara itu, ternyata menara yang kita lihat diatas tadi berada di pantai Baron dan itu tidak jauh dari tempat kami sekarang. Mari kita kesana… Setelah memarkirkan sepeda bermotor kami lalu berjalan memalui pedagang souvenir khas pantai baron setelah itu selesai kemudian kami menuju tangga (kita diharuskan untuk membayar Rp.2000,-/orang sebagai ongkos perawatan tangga) lalu menelusuri jalan berbatu yang menanjak dan setelah beberapa ratus meter, kami pun sampai di kompleks menara yang kita lihat tadi “Mercusuar Tanjung Baron” yang ada tepat di puncak bukit karang, mirip seperti Minas Tirith The City of Kings. Bedanya, sekitar menara ini adalah laut bukan perkotaan.

IMG_0108 (Copy)

IMG_0068 (Copy)

Menurut petugas penjaga mercusuar, menara putih ini setinggi 40 meter ini didirikan untuk menggantikan mercusuar lama yang berada di sampingnya, berupa menara besi yang terlihat sudah sangat keropos. Fungsi utama menara ini adalah sebagai pemandu kapal yang melintas, mungkin fungsi lainnya adalah sebagai pilihan obyek wisata lain ketika berada di pantai Baron, sebenarnya bias juga sebagai tempat olahraga.

_AG78209 (Copy)

Setelah membayar Rp.5000,-/orang, kita bisa memasuk menara dan menikmati bentang alam pantai Baron dan sekitarnya dari ketinggian. Ruangan di dalam mercusuar ternyata cukup besar, terdiri atas 9 lantai berbentuk segi banyak. Disetiap lantai dihubungkan oleh tangga spiral, selain itu kita juga harus berhati-hati karena tangga cukup curam dan semakin menyempit di setiap lantainya dan pada akhir perjalanan akan ditutup oleh tangga vertical yang sama curamnya.

IMG_0075 (Copy)
tanggah oh tangga

Sesampainya diatas menara kami disuguhi pemandangan diatas menakjubkan, Jika dari bukit atas pantai Gunungkidul hanya bisa melihat satu sisi yaitu pemandangan pantai itu saja, namun disini kita bisa melihat pegununguan sewu yang berada di sebelah utara menara ini, jika kita memandang ketimur kita bisa melihat deretan pantai Kukup sampai entah itu nama pantainya apa (mungkin karena terlalu banyak), dan jika kita memandang kearah barat, tentu saja terlihat pemandangan Pantai Baron, Baron Tecnopark dan pantai Kayu Arum dan beberapa pantai yang namanya masih sepi dan aku tidak tau namanya.

IMG_0095 (Copy)
pada akhirnya wajah sumringah itu terlihat 😀
_AG78237 (Copy)
view arah timur
view arah barat
view arah barat

Pada kesimpulannya menara putih di pantai Baron bukan bagian dari Minas Tirith yang ada di trilogi Lord Of The Rings, melainkan hanya sebuah mercusuar yang kebetulan lokasinya mirip dengan Minas Tirith :D.

Enjoy Your Trip

Nb:

  • jangan lupa bawa air minum
  • hati-hati dengan setrum di puncak menara
  • nikmatilah sensasi di atas 😀
Advertisements

One thought on “Apakah Menara di Pantai Baron itu bagian dari Minas Tirith?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s