Bagaimanakah cara memotret milkyway?

 Langit memang selalu indah untuk dinikmati apalagi saat gerhana, meteor shower, melintasnya komet, pelanet, dan milkyway. Milkyway? Apa itu milkyway?  Menu baru di kedai susu? Singkat kata milkyway adalah galaksi tempat bumi kita berada dan merupakan salah satu dari jutaan galaksi yang ada di alam semesta jadi bukan nama menu baru di kedai susu. Apakah milkyway itu yang dijadikan background foto profile kebanyakan orang sekarang? Yup benar sekali. Keren kan? Terus bagaimana cara motretnya? Pengen…. Ini dia cara memotret milkyway dan apa saja yang harus di prsiapkan sebelum memotret:

  1. Hati yang bersih dan jiwa yg suci :3
  1. Motretnya harus malam karena kalau siang bintangnya tidak terlihat 😀
  1. Langitnya juga harus bersih dari awan, karena kalau banyak awan bintangnya juga susah dilihat bahkan bisa juga tidak terlihat 😀
  1. Usahakan momotret milkyway saat bulan mati atau bulan baru. Karena saat bulan besar cahaya dari si bulan lebih terang dari si milkyway jadi kita akan lebih susah untuk memotretnya.
  1. Kopi, camilan, dan jaket jangan sampai ketinggalan.
  1. Lokasi

Carilah lokasi yang jauh dari polusi cahaya, usahakan lokasi memotret yang minin polusi cahaya karena semakin minim polusi cahaya maka semakin banyak bintang yang akan terlihat. contoh lokasi yang cocok untuk memotret milkyway pedesaan, gunung, pantai atau di perkotaan ketika PLN mengajak earth hours dadakan :D.

  1. Senter

Selain berfungsi untuk menerangi ketika gelap, senter juga berfungsi untuk mencari titik fokus dan bisa juga untuk properti narsis


Kalau sudah ada semua mari kita lanjut ngomongin tekhnis motretnya

  1. Kamera

Untuk kamera, semua kamera slr, dslr, mirorlens bisa untuk motret milkyway, bahkan smartphone tertentu juga bisa dipakai (walau belum pernah coba :D)

  1. Lensa

Lensa yang digunakan untuk memotret milkyway adalah lensa wide tetapi akan lebih indah jika pakai lensa ultrawide, tetapi kalo mau memaksa pakai lensa tele juga bisa.

  1. Fokus

Bagaimana cari fokusnya? Kan malam? Gelap?

a. Pakai fokus infinity (biasanya pakai ini aku

b. Forgroundnya disenterin lalu cari fokusnya

c. fokuskan ke bintang yang paling terang lalu dilock atau dimatikan autofokusnya

  1. Apeture

Aperture atau bukaan yang dipakai adalah bukaan yg paling besar di lensa yang kita pasang. Kebetulan aku memakai lensa 12-24mm f4, jadi aku pakai bukaan paling lebar yaitu f4

  1. Iso

Gunakan iso tinggi misalnya 2500, 3200, 6400 atau lebih tinggi lagi, “jangan takut noise karena menggunakan iso tinggi, “noise bisa dikurangi saat posprosesing”.

  1. Shutter Speed

Gunakan long eksposure antara 10- 30″

Supaya bintang kita tidak ngetrail (bergeser) bisa juga mengunakan Rule of 600 “600/focal length = max speed

  1. Tripod

Kenapa kita butuh tripod? Karena kita akan memotret long exposure “kecuali tangan kamu kokoh seperti tripod”.

  1. File tipe

Untuk memotret milkyway usahakan mengunakan file raw ”walaupun ukuran filenya lebih besar dari jpg”, kenapa? karena jika kita memakai raw akan lebih memudahkan kita saat proses editing, misalnya menambah exposure, mengganti white balance dll.

  1. Si Milkyway

Sekarang masalahnya bagaimana cara menemukan milkyway dan mengetahui kapan munculnya di langit yang luas ini? Mungkin bagi astronom mudah sekali tetapi bagi orang yang sama sekali tidak tahu peta bintang seperti saya maka matilah. Tetapi tenang aja sekarang banyak orang yang berbaik hati menciptakan aplikasi astronomi yang langsung bisa dipasang di handpone pintar kita (BlackBerry tidak termasuk :p), misalnya stellarium, google sky map, skychart dll. Tetapi dari semua aplikasi itu aku rekomendasikan google sky map (free) atau stellarium (berbayar 30.000). Setelah punya aplikasi itu kita tinggal arahkan kelangit dan dengan mudah milkyway akan ditemukan “jangan lupa gpsnya dihidupkan”.

  1. Kalau tripod, kamera, kopi dan camilan sudah siap sekarang saatnya menikmati keindahan malam, jangan lupa mengabadikannya lewat foto dan yg penting jangan lupa nampang di kamera dengan si milkyway.

Semoga tutorial yang lumayan gak jelas ini dapat berguna… hehehe

Enjoy your star party…..

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Bagaimanakah cara memotret milkyway?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s