Jangan Ngaku Sudah ke Dieng Kalau Belum Coba Carica

DSC01474 (Copy)

Liburan kali ini aku diajak Radit ke Dieng tak lama aku browsing makanan khas di sana dan salah satu yang muncul adalah carica, apakah itu carica itu? sebenarnya kalau dilihat carica mirip dengan pepaya tetapi ukurannya lebih kecil, mungkin karena mereka masih satu keluarga, mungkin juga karena carica hanya bisa hidup di daerah yang berketinggian antara 1500 mdpl – 3000 mdpl dan yang keren lagi buah ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Pegunungan Andes, jadi semakin pengen sdan semakin tidak sabar untuk mencicipi buah itu.

Akhirnya waktu itu pun tiba, setelah sampai di Dieng aku diantar ketempat saudara Radit yang bernama Ibu Sobi. Ibu Sobi merupakan salah satu produsen pembuat manisan carica di Wonosobo. Sesampainya disana kita pun disambut dengan baik dan langsung di tawari manisan carica yang begitu enak, sambil makan Ibu Sobi pun menjelaskan bagaimana cara membuat manisan carica. Pembuatan manisan carica cukup mudah dan sederhana yaitu mengupas kulit carica dan pisahkan antara daging dan biji, dagingnya direndam dalam air untuk menghilangkan getah setelah itu dipotong kecil-kecil dan dicuci kembali. Sementara itu biji dari carica tidak dibuang melainkan digunakan untuk membuat sirup yang nantinya dicampur dengan carica, caranya juga cukup mudah hanya dengan memeras biji carika untuk diambil sarinya kemudian direbus dengan gula pasir. Setelah carica dan sirupnya siap kemudian di masukan ke dalam wadah kemudian di pres dan dikemas tutupnya. Selain memberi tahu cara pembuatan manisan carica yang begitu enak ini ibu sobi pun memberikan tips untuk mengupas carica. Katanya “usahakan mengupas carica dengan air mengalir, karena getahnya akan menyebabkan gatal jika terkena tangan”. Dalam menjalankan usahanya Ibu Sobi dibantu beberapa pekerja yang mempunyai tugas masing-masing dan yang lebih penting lagi usaha manisan Ibu Sobi ini sudah mendapat izin dari BPOM.

DSC_9603 (Copy)DSC_9618 (Copy)DSC_9621 (Copy)DSC_9608 (Copy)DSC_9631 (Copy)DSC_9609 (Copy)

Carica juga memiliki memiliki beberapa manfaat diantaranya memperlancar pencernaan kerena kanndungan seratnya tinggi, carica mempunyai kandungan vitamin A, C, dan B kompleks, mengandung zat agrinin yang dapat menghambat tumbuhnya sel kangker dalam tubuh, sebagai pengganjal perut lapar bisa juga, dan manisan carica dipercaya dapat membuat awet muda.

Sebenarnya olahan makanan dari buah carica bukan hanya manisan saja, carica bisa dibuat dodol, keripik dan masih banyak lagi olahan yang menggunakan bahan dasar carica. Dan setelah selesai mencicipi dan melihat proses pembuatan manisan carica kami berpamitan pulang tak lupa aku membeli beberapa manisan untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

Semoga besok jika berkunjung lagi ke Dieng dapat mengikuti proses pembuatan olahan carica yang lain, semoga juga biasa bertemu dengan pemilik yang ramah seperti Ibu Sobi. Amien,,, ^_^

 

Enjoy Your Trip

Advertisements

2 thoughts on “Jangan Ngaku Sudah ke Dieng Kalau Belum Coba Carica

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s